Wajib Ganti Oli Mesin

   
Wajib Ganti Oli Mesin

Wajib Ganti Oli Mesin



Oli mesin khusunya mobil, diciptakan sebagai pelumas dan pendingin mesin, oleh karena itu ada zat khusu di dalam oli yang bekerja sebagai pelumas. Zat tersebut tentu bisa habis.


Bagi pemilik kendaraan kita wajib mengganti oli secara rutin  sesuai dengan km. Lantas berapa km oli mesin harus diganti.


Sependek pengalaman Nill One Garage merekomendasikan penggantian oli mesin dilakukan setelah mobil melakukan perjalanan sepanjang 4500 km.


Kenapa kita harus ganti oli:

  • Oli tentu berkurang walau mesin normal atau baru. 
  • Apabila terus berkurang, mesin tidak memiliki pelumas, hal ini akan berdampak fatal pada mesin.
  • Zat pelumas pada oli mesin tentu akan berkurang dan habis.
  • Semakin lama oli tidak diganti akan semakin lama juga kotoran pada oli mengendap di mesin. Hal ini akan mengakibatkan oli menjadi seperti lumpur.
  • Selain membuat performa mobil lebih prima, mengganti oli pada mobil juga dapat menjaga komponen mobil tetap awet dan bekerja dengan baik. 
  • Menjaga usia mobil menjadi lebih lama


Dampak Negatif ketika tidak oernah ganti oli :


Mesin menjadi terasa keras dan kasar 


Tanda lain yang menunjukkan Anda perlu mengganti oli yaitu ketika mesin mobil sudah terasa keras. Hal tersebut dikarenakan gesekan pada tiap komponen yang tidak diberi pelumas sehingga menciptakan suara mesin mobil terasa keras dan kasar. Jika merasakan hal itu, ada baiknya Anda segera mengganti oli mobil Anda.

Diperbarui
Tambahkan Komentar