Pentingnya Memilih Minyak Rem

   
Pentingnya Memilih Minyak Rem

Pentingnya Memilih Minyak Rem




Pentingnya Memilih Minyak Rem


Banyak yang belum mengerti tentang minyak rem. Bahkan banyak orang menganggap minyak rem tidak perlu diganti seumur hidup. Hanya lerlu diganti ketika mengalami kebocoran pada Will cylinder atau di bagian Master Rem Atas.


Pada faktanya minyak rem sama seperti oli pada mesin. Perlu ada pengganti minyak rem. Pengganti minyak rem ini dilakukan setiap 6 bulan sekali. Hal ini untuk menjaga kualitas sistem pengereman, khusus pada bagian master rem atas.


Cara kerja minyak rem


Minyak rem bekerja sama dengan piston dan juga Master Rem Atas dimana gesekan dari minyak rem akan diberi energi mekanis sehingga menghasilkan panas pada komponen tersebut. 


Hal tersebut menyebabkan laju roda dapat dikendalikan atau dihentikan sesuai dengan tekanan pada tromol.


Selain sebagai pelumas untuk komponen rem, minyak rem juga berperan sebagai media penghantar dalam sistem hidrolik.


Jenis dan Manfaat Minyak Rem

Salah satu cara memilih minyak rem yang tepat adalah melalui kode DOT (Department of Transportation). DOT adalah kode standar yang digunakan untuk mengklasifikasikan minyak rem berdasarkan sifat kinerjanya.


  • DOT 3

DOT 3 mengandung polyglycol ether yang memiliki sifat higroskopik. Ini artinya ia dapat larut dengan air. Jika minyak rem dengan kode DOT 3 tercampur air, baik dalam jumlah kecil maupun sedikit lebih banyak, sifat dan kinerjanya tetap sama dan tidak terganggu.


Namun, apabila kandungan air terlalu tinggi, titik didih minyak rem akan menurun.


  • DOT 4

Mobil-mobil keluaran lama membutuhkan minyak rem dengan spesifikasi DOT 4. Ini karena minyak rem ini memiliki titik didih yang lebih tinggi dibandingkan dengan minyak rem DOT 3.


Hal ini membuatnya lebih sesuai untuk digunakan pada mobil-mobil lama yang memiliki sistem pengereman dengan suhu yang cenderung tinggi.


  • DOT 5

Minyak rem mobil jenis ini terbuat dari bahan silikon yang memiliki sifat tahan terhadap penyerapan air, sehingga tidak menyebabkan korosi pada sistem rem. Selain itu, minyak rem DOT 5 juga dikenal lebih stabil dalam menghadapi suhu tinggi pada sistem pengereman.


Nah, dari keterangan di atas, dapat kita simpulkan bahwa minyak rem mobil memiliki peran yang penting dalam menunjang kenyamanan Anda saat berkendara. Maka dari itu, disarankan untuk rutin mengganti minyak rem dengan spesifikasi dari kandungan yang sesuai dengan mobil Anda. 

Diperbarui
Tambahkan Komentar