Tips Jual Mobil Bekas Supaya Cepat Laku!

   
Tips Jual Mobil Bekas Supaya Cepat Laku!

Tips Jual Mobil Bekas Supaya Cepat Laku!

untuk mendapatkan harga jual mobil bekas sesuai dengan harapan, Anda perlu melakukan beberapa tips di bawah ini.

 


Dengan hadirnya artikel ini, Anda bisa mengetahui beberapa cara cepat jual mobil bekas dengan mudah dan aman. Alasan menjual mobil ada banyak hal, salah satunya karena membutuhkan dana yang cukup besar dan mendesak atau karena menginginkan mobil keluaran terbaru.

Memang, ada banyak produsen yang menjual mobil  dengan tipe baru, namun jual mobil bekas juga masih terbilang laku keras di pasaran. Hal ini sejalan dengan informasi terbaru sejak masa pandemi, peminat mobil bekas makin meningkat, karena khawatir akan tertularnya covid-19 saat menggunakan angkutan umum.

Perlu Anda ketahui, ketika Anda ingin jual mobil untuk kebutuhan yang mendesak, ada beberapa alasan dan tips dalam menjualnya dengan cepat, simak penjelasannya berikut ini:


1.  Memilih platform jual mobil yang terpercaya

Sebelum Anda ingin menjual mobil, Anda perlu tahu terlebih dahulu alasan jual mobil umumnya, yakni:


1) Karena harganya lebih terjangkau, alasan ini yang biasanya membuat orang memutuskan ingin membeli mobil. Umumnya, orang mencari mobil saat ini mulai dari tahun 2014 hingga 2019 dengan kisaran harga 100 jutaan. Dengan begitu, jual mobil bekas harga tinggi sekalipun jika kondisi mesin mobil kurang bagus dan tahunnya masih di bawah pencarian pada umumnya, biasanya kurang laku.


2) Bisa langsung dipakai, alasan lainnya yakni mobil bekas lebih simpel urusannya dan bisa langsung Anda gunakan. Anda tidak perlu ribet mengurus surat-surat kendaraan ataupun mengurus data sebagai pengguna baru. Dengan pembelian mobil bekas, urusannya Anda jauh lebih cepat dan mudah.


3) Ada banyak macam pilihan, beberapa orang hobi gonta-ganti mobil, jika Anda tipikal yang seperti itu, membeli mobil bekas bisa menjadi salah satu solusi unuk menghemat budget dan tenaga.


Jika alasan tersebut sudah bisa Anda pahami, maka ada beberapa cara jual mobil cepat, salah satunya dengan memilih platform Marketplace yang aman dan terpercaya. Anda bisa melihat take record dari beberapa platform yang bisa diandalkan dan terpopuler saat ini, di Indonesia sendiri sudah banyak platform yang bisa digunakan, seperti jual mobil bekas OLX. Terutama, pilih platform yang peminat mobil bekas ada banyak disitu.


Selain  Anda bisa jual mobil bekas online terbaik, Anda bisa cepat mendapatkan dana yang dibutuhkan juga mudah dalam melakukan transaksi dengan customer. Anda juga bisa memanfaatkan balai lelang secara online untuk menjual mobil dengan cepat dan aman sesuai dengan nilai harga yang diharapkan.


2.  Terlebih dahulu cek harga yang ada di pasaran

Sebelum menjual mobil bekas, terlebih dahulu Anda memeriksa kisaran harga mobil bekas yang ada di pasaran, karena jika harga yang Anda tawarkan terlalu tinggi, maka akan terlalu sulit mobil itu terjual. Karenanya, cara cepat jual mobil yakni dengan mengetahui pasaran harga mobil bekas saat itu.


Cara untuk mengetahui harga pasaran mobil bekas, Anda bisa riset melalui media cetak, medsos, ataupun internet. Anda juga bisa memanfaatkan fitur jual beli online dengan menggunakan estimasi harga dalam penjualan mobil bekas supaya cepat dilirik oleh konsumen.


Selain itu, cara cepat jual mobil online harus menyertakan deskripsi mobil yang dijual dengan lengkap, mulai dari merk, tahun produksi, harga, dan tipe kendaraan.


3.  Menggunakan foto dengan kualitas terbaik

Saat menjual mobil bekas secara online, pastikan Anda menguploud foto terbaik terkait kondisi mobil yang Anda jual. Perlu Anda ketahui, kondisi mobil harus sama dengan gambar yang Anda posting, supaya konsumen yang membeli mobil tidak merasa kecewa nantinya. Anda juga peru mengkonfirmasi kejelasan spesifikasi mobil ataupun kelengkapan dokumen, juga keterangan lainnya secara lengkap.


Jika memang ada komponen pada mobil yang memang sudah bisa bekerja dengan optimal, seperti bumpernya penyok atau kompresornya yang rusak, maka Anda perlu memberikan informasi tersebut kepada calon pembeli. Selain itu, Anda juga harus menginformasikan mengenai asuransi mobil jika masih berlaku dan riwayat perawatan mobil yang akan dijual. Dengan begitu, calon pembeli bisa mengetahui bagaimana kondisi mobil yang dibeli.


Mobil bekas saat ini juga banyak dijual dengan keluaran tipe terbaru dan masuk nominasi mobil terbaik 2023, Anda bisa searching beberapa merk dan tipe yang jauh lebih bagus dan modern. Biasanya mobil-mobil bekas keluaran terbaru jauh lebih mudah penjualannya ketimbang mobil model lama, hal ini menunjukkan perkembangan teknologi mulai menunjukkan banyak perubahan terutama pada kendaraan pribadi roda empat.


4.  Kelengkapan dokumen

Tips menjual mobil bekas selanjutnya adalah kelengkapan dokumen mobil, Anda perlu memberikan informasi kepada pembeli bahwa dokumen mobil akurat dan lengkap. Dengan begitu, pembeli akan merasa lebih tenang ketika melakukan transaksi jual beli. Adapun syarat kelengkapan dokumen dalam penjualan mobil online yakni memiliki STNK, faktur, BPKB, kuitansi kosong, fotokopi KTP, dan masih banyak lagi. Sekaligus jangan lupa informasi terkait masa berlaku dari dokumen mobil yang dijual tersebut.


5.  Kondisi mobil bersih dan mengkilap

Pada saat pertemuan dengan pembeli, hal utama yang bisa menarik pembeli adalah look dari mobil tersebut. Jika kondisi mobil dalam keadaan bersih dan wangi, maka akan memberikan kesan yang menarik di hati pembeli bahwasanya mobil tersebut dirawat dengan baik oleh pemiliknya. Jangan lupa untuk memberikan kesempatan kepada calon pembeli untuk melakukan test drive, supaya dapat meyakinkan pembeli terkait kondisi mobil saat itu. Selain itu, pembeli juga bisa mencoba pengalaman baru dalam mengendarai mobil yang Anda jual.


6.  Menyediakan cara pembayaran yang mudah dan aman

Tips selanjutnya, setelah pembeli sudah mengetahui kondisi mobil dan tertarik untuk membeli mobil bekas yang Anda jual, maka langkah berikutnya silahkan menginformasikan cara pembayaran yang memudahkan pembeli melakukan transaksi. Jangan sampai pada saat melakukan proses pembayaran terlalu rumit dan terlalu berbelit-belit, bisa jadi pembeli menjadi bimbang dan mengurungkan niat untuk membeli mobil bekas yang Anda jual. Oleh karena itu, berikan cara yang mudah dalam proses pembayaran baik secara tunai ataupun melalui via transfer.

Demikianlah tips atau cara jual mobil bekas supaya cepat terjual seperti yang dijelaskan di atas. 

Adapun faktor-faktor yang dapat mempengaruhi harga jual mobil menjadi lebih murah pada umumnya, seperti kondisi fisik mobil yang kurang normal, riwayat perawatan mobil berkala, pilihan konsumen, reputasi ataupun keandalan mobil, jumlah pemilik, efisiensi bahan bakar, kilometer, dan sebagainya. 

Supaya harga jual mobil bekas yang Anda jual tidak turun drastis, Anda bisa menggunakan beberapa tips dalam artikel ini untuk memberikan perawatan yang optimal baik kondisi mobil maupun kelengkapan dokumen. 

Jangan lupa periksa semua komponen mobil dengan teliti sebelum di jual, seperti AC, perlengkapan mobil, buku service, head unit mobil masih responsif, dan masih banyak lagi. 

Silahkan mencoba tips dan cara tersebut untuk mendapatkan hasil sesuai yang diharapkan.

Tags: jual mobil bekas, perawatan, service, kondisi mobil, riset, tipe, merk, bahan bakar, terjual, cepat, laku, harga, perlengkapan

Diperbarui
Tambahkan Komentar