Ingin Beli Mobil Range Rover ? Begini Cara Beli Mobil Bekas Pertama Kalinya!

   
Ingin Beli Mobil Range Rover ? Begini Cara Beli Mobil Bekas Pertama Kalinya!

Ingin Beli Mobil Range Rover ? Begini Cara Beli Mobil Bekas Pertama Kalinya!

Membeli mobil bekas adalah opsi terbaik di tengah budget minim, namun bagaimana cara membelinya untuk pertama kali?




Bisa memiliki mobil sendiri merupakan dambaan semua orang, apalagi jika bisa membeli mobil Range Rover. Meski tak harus baru, anda juga bisa membeli kendaraan bekas namun masih dalam kualitas baik.
 
Mulai dari kendaraan Avanza S hingga kendaraan mewah, mari simak apa saja yang harus anda lakukan saat akan membeli mobil bekas berikut ini.
 
Bagaimana Cara Membeli Mobil Bekas Pertama Kalinya?
Membeli mobil bekas tidak ada salahnya, akan tetapi dibutuhkan ketelitian dan pemahaman lebih seputar kendaraan bekas. Lantas, apa yang harus anda perhatikan?
 
1. Siapkan budget
Jika berniat untuk membeli sebuah kendaraan roda dua, ingatlah bahwa bukan berarti anda hanya harus menyediakan dana untuk membelinya saja. Pasalnya, ada dana lain yang mesti disediakan.

Ketika sudah memiliki kendaraan, anda juga harus menghitung biaya tambahan seperti ongkos perbaikan, bensin, parkir, hingga asuransi kendaraan bila diperlukan.
 
2. Memilih tahun kendaraan
Tahun kendaraan dirilis adalah hal esensial, di mana menentukan kondisi prima atau tidaknya mobil yang anda pilih. Bila memilih mobil tua, jelas harga belinya jauh lebih murah namun ada biaya perbaikan yang sewaktu-waktu muncul.

Sebelum membeli, luangkanlah waktu anda untuk memilah dan memilih mana kendaraan yang diperlukan dan sesuai budget.
 
3. Cek kondisinya
Mencari dan membeli mobil bekas seperti Veloz 2012 memang cukup menantang. Saat memutuskan beli kendaraan bekas, anda akan dihadapkan dengan berbagai masalah seperti ketidakcocokan terhadap mobil.
 
Anda juga harus mengecek kondisi kendaraan, seperti jarak tempuh, kondisi bodi mobil, riwayat kecelakaan, dan perbaikan.
 
4. Lokasi jual-beli mobil
Di Indonesia sendiri setidaknya ada empat lokasi jual-beli mobil bekas, mulai dari privat, lewat dealer, marketplace, sampai perusahaan lelang dengan kelebihannya tersendiri, sebagai berikut : Lewat dealer: kondisi kendaraan telah dicek sepenuhnya dan ada standarisasi tersendiri, namun harganya cenderung lebih mahal.
 
Marketplace: pencarian mudah, cepat, harga cukup terjangkau namun tidak ada standar khusus.

Privat: penjualan oleh tangan pertama, dan bertemu langsung dengan pemilik mobil di tempat, kelebihannya bisa negosiasi.

Lelang: pilihan kendaraan sesuai stok, jual mobil murah. Akan tetapi kondisi bodi kendaraan tak semuanya baik.
 
5. Cek riwayat kendaraan
Langkah selanjutnya adalah melakukan riset mobil berdasarkan riwayatnya, namun catatan satu ini biasanya tersedia jika pembelian melalui marketplace hingga pelelangan.

Biasanya isi riwayat meliputi catatan kecelakaan, jarak tempuh, permesinan, kerusakan struktural, fungsi airbag, perusahaan asuransi, mengindikasikan kerusakan karena banjir, hingga status penggunaan mobil.
 
6. Lakukan test drive
Melakukan test drive atau uji jalan merupakan tugas terpenting saat membeli sebuah mobil. Cobalah kemudikan mobil hingga beberapa meter, dari sini anda bisa merasakan apakah kendaraan terasa nyaman saat dikendarai.

Saat tes drive, perhatikan baik-baik apakah mesin kendaraan mengeluarkan suara aneh saat dikendarai.
 
7.Cek interior dan eksterior
Hal penting lain yang harus dicek ketika akan beli mobil lewat carmudi mobil bekas adalah bagian eksterior dan interior, termasuk elemen penting lainnya. Apa saja yang harus dipastikan berfungsi dengan baik?
AC dingin
  • Lampu sein, hazard, mundur, dan rem menyala
  • Lampu depan (headlamp)
  • Headlight low/high beam
  • Lampu kabut
  • Lampu senja
  • Kaca tidak macet saat dibuka/tutup
  • Lampu dan informasi speedometer terbaca jelas
 
Jenis-jenis Mobil
 
Mobil Range Rover termasuk ke dalam kategori kendaraan SUV mewah, namun di Indonesia terdapat lebih dari lima jenis kendaraan yang beredar di pasaran.

Jenis-jenis inilah dapat menjadi referensi konsumen ketika membeli mobil bekas beserta menyiapkan anggarannya. Mari kenali jenis-jenis mobil yang ada di Indonesia berikut ini.
 
a. SUV
Merupakan singkatan dari sport utility vehicle, jenis ini sedang naik daun di Indonesia. Kendaraan ini banyak dipilih masyarakat yang telah berkeluarga mengingat kapasitasnya cukup besar.

Secara visual, SUV punya kesan gagah dan nyaman dikendarai ke manapun. Meski harga barunya mulai Rp400 jutaan, namun ada juga SUV murah di pasaran.
 
b. Hatchback
Sekilas mirip mobil sedan, namun hatchback tidak punya bagasi yang menonjol. Tipe mobil ini sasaran utamanya adalah anak muda yang suka mobil berdesain modern, stylish, dan sporty.

Kendaraan hatchback di Indonesia dijual berkisar Rp250 jutaan hingga Rp400 jutaan.
 
c. City car
Bagi anda yang butuh kendaraan kecil dan hanya digunakan di perkotaan, maka city car pilihan yang tepat. Mobil ini punya keunggulan dari segi bahan bakar yang irit.

City car juga termasuk kendaraan yang terjangkau semua kalangan dengan harga mulai Rp 90-100 jutaan.
 
d.Sedan
Mobil sedan adalah jenis kendaraan yang populer di Indonesia sejak zaman dahulu, mobil ini lekat dengan kesan mewah dan elegan bagi pengendaranya.

Ciri khas kendaraannya yakni beratap rendah, bagasi lebih menjorok, dengan kapasitas maksimal lima penumpang.
 
e. MPV
Mobil MPV adalah mobil terlaris di Indonesia dengan harga mobil bekas OLX yang kerap terjangkau. Banyak masyarakat menjadikan MPV sebagai andalan karena harganya murah, namun muah banyak penumpang.
 
f. Sport
Cukup diminati di Indonesia dengan tersedianya komunitas mobil sport, kendaraan ini punya ciri khas dari tampilan eksteriornya yang lebih bold dan mesin bertenaga tinggi.
 
Termasuk kategori mobil mewah, pengendaranya tetap mendapatkan kenyamanan ekstra selagi mengemudi. Soal harganya, mobil satu ini berkisar mulai Rp800 jutaan hingga Rp1,5 miliar.
 
g. Convertible
Mobil-mobil convertible atau atap terbuka umumnya dimiliki mobil berukuran kecil dan termasuk kendaraan kelas atas. Atap tersebut memiliki dua jenis dan material berbeda yaitu soft dan hard.
 
h. Station Wagon
Seperti penggabungan antara hatchback dan SUV, namun mobil ini memiliki dimensi bodi lebih panjang. Sehingga mobil tersebut memiliki ruang bagasi yang lebih luas.
 
i. Pick up
Mobil pick up juga mudah ditemukan dalam situs jual mobil bekas OLX. Mobil dengan bagian belakangnya terbuka ini kerap dijadikan kendaraan komersil.

Jenis mobil pick up hanya muat untuk dua hingga tiga penumpang saja.
 
j. Crossover
Penampilannya layak mobil SUV, crossover punya bagian atapnya serta ground clearance cenderung lebih tinggi. Produsen kendaraan crossover yang ditemukan di Indonesia barulah produsen mobil mewah.
 
k. Low MPV

Kisaran harganya mulai Rp70-150 jutaan, mobil Low MPV memiliki kapasitas mesin tak lebih dari 1.500 CC. Contoh kendaraan favorit keluarga Indonesia ini seperti Avanza, Calya, dan sebagainya.

l. Low SUV

Anda mencari mobil dijual OLX berjenis low SUV? Tipe mobil satu ini belakangan sedang merajai pasar otomotif dan jalanan tanah air.

Berukuran besar, tinggi dan muat hingga tujuh penumpang dalam kabin, mobil ini dijual mulai kisaran Rp100-200 jutaan.
 
Itulah cara membeli kendaraan bekas untuk pertama kalinya serta jenis-jenis mobil yang beredar di pasaran Indonesia selain mobil Range Rover. Semoga bermanfaat.
 
Tags: mobil bekas olx, beli mobil bekas, tips beli mobil bekas, jenis mobil indonesia
Diperbarui
Tambahkan Komentar